BAB I
PENDAHULUAN
•
Dasar
Gagasan Usaha
Cemilan
atau makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat ini sangat sering dicari oleh
orang-orang untuk dibeli dan dikonsumsi, hal ini dikarenakan cemilan ini sangat
mudah didapatkan dan juga sangat praktis sehingga konsumen sering memburu
cemilan-cemilan untuk dibeli. Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang
dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dan juga makanan ringan ini biasanya
bermacam-macam jenis yang diperjualbelikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu
jenis makanan tersebut ialah donut, mungkin sudah banyak cemilan-cemilan donut
sudah sering dijajakan, dari yang biasa hingga yang sudah sangat terkenal,
namun terkadang donut yang diperjualbelikan dipasar sekarang ini hanya donut
yang berbahan baku menggunakan tepung terigu.
Dengan
pertimbangan masalah diatas maka kami ingin mencoba untuk membuka usaha
dibidang donut, namun dengan bahan yang sedikit berbeda, selain tepung terigu
dan bahan pokok-pokok lain kami juga menambahkan bahan berupa kentang.Dengan
kentang donut kami mempunyai cita rasa yang sedikit berbeda, dan juga donut
kami tidak menggunakan bahan pengawet untuk tetap memikirkan kesehatan para
konsumen kami.Dengan ini kami merasa ada peluang pasar yang dapat kami buat,
karena mempertimbangkan konsumen yang membutuhkan dan menginginkan suatu
cemilan donut yang sedikit berbeda dengan yang sudah ada dan juga kami donut
kami jauh dari bahan pengawet sehingga sangat baik bagi semua kalangan.
Dari
data yang kami dapat, di sekitar daerah Jl. Raya Bogor depan kampus UHAMKA
terdapat banyak mahasiswa yang lalulalang dan juga warga yang menggunakan jalan
raya yang sangat potensial bagi usaha kami, oleh karena itu merupakan suatau
kesempatan bagi kami untuk membuat suatu usaha dan mengembangkan usaha yang
baru kami rintis ini, supaya dapat mengubah persepsi donut yang penuh bahan
pengawet dan tidak sehat menjadi donut sehat dan kaya rasa tanpa harus
menggunakan bahan pengawet.
•
Prospek
Pasar
Dengan
begitu banyaknya usaha makanan ringan yang berbentuk donut karena kita tahu
donut dapat menyentuh setiap golongan dari anak-anak hingga dewasa menyukai
donut. Selain itu juga didaerah tempat kami buka usaha juga terdapat begitu
banyak usaha-usaha yang lain, sehingga sangat-sangat potensial mengundang calon
pelanggan lain diluar mahasiswa UHAMKA dan warga sekitar. Melihat kondisi
diatas , kami pun tertarik untuk membuat suatu usaha kuliner yang berbentuk
cemilan donut kentang dengan berbagai toping atau tambahan berbagai macam rasa,
serta didukung dengan tempat yang sangat strategis dan banyak calon-calon pelanggan
yang beraktifitas disekitar tempat usaha kami. Dengan demikian, kami yakin
prospek pasar usaha kami sangatlah baik.
•
Manfaat Ekonomi
Manfaat
ekonomi yang didapat dari usaha ini, adalah :
•
Keuntungan yang diperoleh dari hasil
penjualan.
•
Terciptanya lapangan pekerjaan baru.
•
Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
dengan banyaknya konsumen yang datang sehingga memotivasi terciptanya lapangan
usaha baru.
•
Manfaat Sosial
•
Mambantu pemerintah dalam mengembangkan
kewirausahaan di Indonesia .
•
Memudahkan masyarakat dalam memperoleh
cemilan donut kentang yang sehat dan
berkualitas.
•
Berkurangnya jumlah pengangguran
•
Visi, Misi, dan Tujuan
•
Isi:
Menjadi wirausahawan yang mandiri dan berkualitas yang dapat
bersaing dipasar dan juga dapat mengembangkan usahanya dengan baik di dalam
negeri dan memiliki harapan untuk mengembangkan usaha hingga ke mancanegara
untuk jangka panjangnya.
•
Misi:
•
Mengembangkan suatu usaha yang sudah ada
dengan mengembangkan dan memperbarui produk tersebut dengan lebih sehat dan
berkualitas.
•
Membangun dan mengembangkan potensi diri
dalam membangun usaha wirausaha mandiri.
•
Membuat suatu mekanisme wirausaha yang
berkualitas sehingga dapat bersaing dipasar.
•
Tujuan
•
Memperoleh suatu keuntungan dan
pendapatan dari usaha mandiri yang didirikan untuk mensejahterakan pemilik dan
tenaga kerja.
•
Mengajak masyarakat untuk hidup sehat
dengan produk cemilan yang kita tawarkan.
•
Memperoleh kepercayaan yang optimal dari
konsumen, sehingga dengan adanya kepercayaan yang diberikan diharapkan usaha
yang telah dijalankan dapat lebih berkembang.
BAB II
SALES DAN MARKETING
2.1 Gambaran Umum Pasar Sasaran
Usaha kami bergerak dibidang
penjualan makanan ringan.Makanan ringan yang kami tawarkan yaitu berbentuk
donut kentang yang berbeda dengan donut yang sudah ada dipasaran.Berbagai macam
toping dan isi didalam donut kentang kami menjadi menu utama.Donut kentang
sangat berbeda dengan donut-donut yang sudah ada dipasaran karena selain kami
tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan juga berasal dari
sayuran jadi donut kentang ini sangatlah sehat namun tetap menjaga cita rasa
yang berkualitas.Sedangkan untuk pengenalan produk dapat dilakukan secara
langsung kepada masyarakat Jakarta yang bertempat sangat strategis dan banyak
aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu akan memudahkan para
penggemar donut untuk menikmati produk yang kami tawarkan. Dengan mengutamakan
kualitas produk dan tempat strategis “Donut Kentang” akan dapat bersaing dengan
usaha lain yang serupa.
2.2 Jenis produk yang dipasarkan
Produk yang kami jual saat ini
adalah berupa makanan ringan. Tanpa mengenyampingkan kualitas dan lebih
memperhatikan kesehatan dari makanan tersebut, berikut menu-menu yang kami
tawarkan :
Menu
Special Donut Kentang dengan toping :
•
Donut Kentang dengan Toping Keju
•
Donut Kentang dengan Toping Coklat
•
Donut Kentang dengan Toping Strawberry
•
Donut Kentang dengan Toping Coklat Keju
•
Donut Kentang dengan Toping Kacang
•
Donut Kentang dengan Toping rasa Nanas
Menu
Special Donut kentang Dengan Isi didalamnya:
•
Donut Kentang Isi Keju
•
Donut Kentang Isi Coklat
•
Donut Kentang Isi Coklat Keju
•
Donut Kentang Isi Selai Kacang
•
Donut Kentang Isi Selai Strawberry
•
Donut Kentang Isi Selai Nanas
Aneka
Minuman :
•
Bandrek
•
Bajigur
•
Wedang jahe
•
Aneka Jus
•
Minuman Ringan
2.3 Penawaran (competitors)
Penawaran merupakan jumlah produk
sejenis yang ditawarkan pada konsumen oleh pesaing.Penawaran tersebut
menunjukan kemampuan pesaing dalam memperoduksi barang selama periode tertentu.
2.3.1 Jumlah produk sejenis dipasaran
Pada kenyataannya begitu banyak
usaha yang bergerak dibidang makanan ringan dengan objeknya yaitu donut, dari
usaha yang sederhana hingga yang sudah sangat terkenal pun ada, namun terkadang
mereka tidak memperhatikan aspek kesehatan bagi konsumen dengan menggunakan
bahan pengawet agar donut yang tidak terjual hari ini dapat dijual lagi
dikemudian hari, hal ini sangat beresiko bagi bagi kesehatan konsumen.
Berdasarkan hasil survei terdapat pesaing yang juga menawarkan makanan ringan
donut yang mereka jajakan dengan langsung menjangkau konsumen, seperti
dijajakan dibis-bis AKAP. Sedangkan donut kentang tidak terjun langsung
menjangkau konsumen, namun dengan seperti ini konsumen bisa memilih apa yang
mereka ingin pesan. Sehingga bisa dikatakan donut yang dijajakan langsung ke
konsumen ini menjadi pesaing utama dari donut kentang produk yang kami
tawarkan.
2.4 Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang kami pilih adalah
Jl. Raya Bogor Jakarta Timur depan Kampus UHAMKA. Berikut faktor-faktor mengapa
daerah tersebut yang kami pilih:
•
Berada didekat Kampus UHAMKA yang
mahasiswanya banyak melakukan aktifitas didaerah tersebut.
•
Banyaknya pedagang buah yang melakukan
usaha didekat daerah tersebut sehingga banyak juga calon pelanggan dari luar
sekitar daerah tersebut.
•
Lokasi yang sangat strategis karena
dilewati berbagai kendaraan umum karena juga tidak begitu jauh dari terminal
Kp. Rambutan.
2.4.1 Wilayah Pemasaran
Dengan dasar produk yang baru,
pemasaran akan dimulai dari wilayah pemasaran terkecil yaitu didaerah-daerah jakarta timur dan sekitarnya yang kemudian akan
dikembangkan lebih lanjut seperti memasuki pasar – pasar diluar daerah jakarta timur. Potensi
daerah luar sangatlah besar, karena produk donut kentang ini sangatlah jarang.
Wilayah yang lebih spesifik untuk pemsaran daerah jakarta timur dan sekitarnya:
•
Ciracas
•
Kp. Rambutan
•
Cililitan
•
Depok
•
Pondok Gede
2.5
Rencana dan Strategi Pemasaran
2.5.1
Strategi pemasaran pesaing
a. Product
Persaingan produk makanan ringan atau
cemilan-cemilan seperti donut terbagi menjadi dua persaingan yaitu persaingan
langsung dan tidak langsung.Produk pesaing langsung merupakan jenis produk
makanan ringan atau cemilan seperti donut itu sendiri. Namun, makanan ringan
atau cemilan donut ini biasanya dijual oleh pedagang yang menjajakan makanannya
kedalam-dalam bus kota .
Tetapi, ada juga yang menjual produk makanan ringan atau cemilan donut ini
ditempat yang mereka miliki.
b.
Price
Harga yang ditawarkan pesaing relatif lebih murah dan dapat terjangkau
oleh semua orang dan semua kalangan.
c.
Promosi
Pada dasarnya produk cemilan donut yang dijajakan didalam bus-bus kota itu tidak
menggunakan promosi besar-besaran karena produk tersebut ditawarkan secara
langsung kepada konsumen. Konsumen dapat mengetahui produk tersebut karena
banyaknya pedagang yang sering menjajakan produknya tersebut. Promosi dari
pesaing tidak langsung dilakukan dengan menggunakan media, kecuali
pesaing-pesaing yang sudah memiliki nam
d.
Place
Sesuai dengan survei yang telah dilakukan diketahui bahwa, konsumen paling banyak membeli produk
cemilan donut dari waring-warung terdekat, gerai yang sudah ada nama, atau
pedagang yang menjajakan produknya secara langsung.
e.
People
f.
Physical Evidance
Penjual produk makanan cemilan seperti donut pada umumnya tidak memiliki
ciri khas tersendiri dalam melayani konsumen. Agar konsumen lebih merasa
nyaman, para pelayan atau penjual produk makanan cemilan seperti donut yang
sudah memiliki gerai dan nama biasanya menggunakan seragam dan ciri khas
sendiri supaya terlihat lebih sopan dan rapih.
g.
Process
Proses pembuatan produk pesaing yang dilakukan oleh pesaing rata-rata
menggunakan cara yang sama, sehingga rasa yang dihasilkan kurang dapat
dibedakan dengan pesaing lain dan tidak memiliki ciri khas dalam produknya.
2.5.2 Rencana Strategi Pemasaran
Untuk menentukan
strategi pemasaran digunakan analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman bagi bisnis ini. Berikut adalah analisisnya :
•
Strength
Kekuatan
dari produk yang kita buat terletak pada bahannya yang menggunakan sayuran
yaitu kentang dan juga tidak menggunakannya bahan pengawet sehingga produk kita
terjamin sehat namun tidak meninggalkan kualitas dari cita rasa produk yang
kita buat, karena kita sudah banyak tahu donat-donat sejenis yang diproduksi
oleh pesaing rata-rata mereka tidak memikirkan aspek kesehatan pada produknya.
•
Weaknesess
Produk
kami merupakan produk baru sehingga secara langsung belum mendapatkan perhatian
konsumen dan perlu dibuat strategi promosi yang efektif dan efisien.Bisnis ini
tergantung dari kemampuan innovatornya sejauh mana dapat mengembangkan usaha
yang terhitung baru dan memerlukan keeja keras untuk memperkenalkan produk baru
pada konsumen.
•
Opportunity
Produk baru pasti mempunyai kesempatan untuk
berkembang dan melakukan ekspansi pasar. Selain itu hampir jarang produsen yang
menjual donut dengan memikirkan dari aspek kesehatan, oleh karena itu peluang
pasar dari produk yang kita buat cukup besar.
•
Threat
Hambatan
yang kami temui dalam usaha ini kurang pekanya sebagian konsumen terhadap suatu
produk yang memiliki suatu hal yang penting bagi kebutuhan diri konsumen itu
sendiri, terkadang sebagian konsumen tersebut lebih mementingkan harga yang
murah namu bisa membahayakan kesehatan dari si konsumen tersebut atau malah
lebih memilih produk yang mahal agar gengsi meningkat namub kita tidak pernah
tahu apakah produk tersebut baik atau tidak.
Berdasarkan analisis tersebut, maka
strategi pemasaran yang kami rencanakan sebagai berikut :
•
Product
Dalam
bisnis ini kami menawarkan produk dan jasa.Produk utama yang kami tawarkan
adalah “Donut Kentang” dengan berbagai varian dan rasa beserta minuman-minuman
ringan yang kami sajikan. Lalu, pelayanan atau jasa yang akan kami tawarkan
adalah pelayanan yang cepat dan tepat merupakan hal utama.
•
Price
Strategi
harga yang akan direncanakan adalah penyamaan harga dengan harga pasar, karena
produk yang kita produksi sudah lumayan banyak dipasar, hal ini ditentukan agar
produk kita dapat bersaing dengan produk yang sudah berada dipasar.
•
Promotion
Promosi
yang akan dilakukan dengan berbagai yaitu :
•
Sampel gratis
Kami
akan memberikan beberapa sampel gratis dari donut kentang yang kami produksi
agar konsumen dapat mencoba dan tertarik kepada produk donut kentang. Sampel
gratis ini kami lakukan pada hari senin dibulan pertama kita, jadi satu minggu
ada 1 hari kita berikan sampel gratis
•
Voucher gratis
Kami
akan memberikan voucher gratis kepada setiap pelanggan kami apabila pelanggan
tersebut membeli sebanyak 10 buah, dan 1 voucher ini bisa dapat 1 gelas jus
gratis.
•
Brosur
Kami
akan menyebarkan beberapa brosur tentang produk kami, sehingga konsumen dapat
memperoleh informasi tentang produk donut kentang yang akan kita tawarkan.
•
Maskot produk
Maksudnya
kami menyiapkan berupa maskot dari produk yang berada di depan gerai yang kita
miliki sebagai maksud untuk menjadi penarik para pelanggan.
•
Place dan Distribution
Distribusi dari produk kami ialah penjualan secara langsung
kepada konsumen dengan menyediakan gerai dan menerima pesanan untuk dibawa
pulang dengan kemasan yang menarik.
Lokasi yang kami pilih didaerah Jl.
Raya Bogor depan kampus FEB UHAMKA dengan beberapa alasan :
•
Berada dekat dengan banyak usaha seperti
pedagang buah sehingga paa calon pelanggan juga selalu lalulalang didepan gerai
kami.
•
Adanya aktifitas mahasiswa yang
memungkinkan mahasiswa tersebut menjadi pelanggan produk kita.
•
Lokasi yang dekat dengan terminal bus sehingga banyak sekali aktifitas
yang dilakukan para calon pelanggan.
•
Physical evidence
Karena
pelanggan buat perusahaan adalah raja, kami akan melayanin para pelanggan
dengan sangat ramah sehingga pelanggan merasa nyaman pada saat berkunjung di
gerai kami.
•
Process
•
Proses pembuatan produk kami tidak
menggunakan mesin, itu dimaksudkan untuk menjaga ke higienisan dari produk
kami, dan pada proses pembuatan kebersihan sangat dijaga.
•
Penyajian dari produk kami dibuat
semenarik mungkin dan juga bisa berubah-ubah sesuai dengan ide atau trend yang
ada pada saat itu. Untuk kemasan pada produk yang dibawa pulang juga dibuat
secara lucu agar para konsumen tidak merasa bosan dengan produk kami.
•
People
Kami
selalu memotivasi siapa saja yang bersangkutan dengan usaha kami.Semua itu dilakukan
agar mereka lebih giat dalam bekerja dan melakukan yang terbaik bagi dirinya
maupun perusahaan.Motivasi yang diberikan berupa moril dan material sehingga
mereka dapat melakukan pekerjaannya dengan maksimal.
BAB III
PRODUKSI DAN OPERASI
3.1 Produk
Bisnis
yang dijalankan merupakan bisnis baru dimana menciptakan suatu makanan yang
unik.Pada umumnya semua orang mengenal Donat namun hanya jenis donat tertentu
saja yang dikenal oleh masyarakat. Disini kami ingin menawarkan sebuah hal yang
berbeda kepada masyarakat. Karena jika dilihat dari segmen pasar, kebanyakan
masyarakat perkotaan menyukai suatu makanan yang “aneh” dan unik.
Produk
yang kami tawarkan adalah Donat dengan memiliki ciri khas yang berbeda yaitu:
•
Makanan yang disajikan secara praktis dan
ekonomis
•
Dapat dijadikan snack
•
Dapat dikonsumi dimana saja dan kapan
saja.
•
Memiliki rasa yang unik.
3.2 Operasi
3.2.1 Fixed Assets
Berikut
ini adalah aset tetap yang kita miiliki dalam rangka membantu pelaksanaan usaha
kami, yaitu:
No.
|
Peralatan
|
Jumlah
|
Satuan
|
Nominal
|
1
|
Motor
|
1
|
buah
|
20.000.000
|
2
|
Kompor Gas
|
1
|
buah
|
250.000
|
3
|
Lemari
|
1
|
buah
|
100.000
|
4
|
Meja dapur
|
1
|
buah
|
100.000
|
5
|
Mixer
|
1
|
buah
|
200.000
|
Total
|
20.650.000
|
3.2.2 Factory Layout
Dari
data statistik yang diperoleh, jumlah mahasiswa Uhamka di Ps. rebo sebesar 300
orang,.Dengan melihat daerah yang banyak ini tedapat kost kostan dan dilalui
banyak warga karena kondisinya dekat dengan jalan raya.Besar kemungkinnan
potensi makanan tradisional menarik konsumen daerah tsb.
3.2.3 Product Layout
Menu
utama makanan yang kami sajikan ialah Donat kentang dengan berbagai macam rasa
dan isi.Sedangkan untuk menu minuman kami menawarkan minuman hangat dan minuman
softdrinks dingin.Minuman hangat yang kami tawarkan diantaranya bandrek,
bajigur, dan kopi bandrek.
3.2.4
Process Layout
Sebagai
salah satu makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, dengan khas
empuk dan lembutnya donat menjelma menjadi kue dengan bahan, hiasan (topping)
dan rasa yang sangat bervariasi dan kreatif.Berikut kami salin resep donat
kentang praktis yang enak dan lembut.
Bahan
:
500 gram tepung terigu protein tinggi
250 gram kentang, kukus, haluskan dan
dinginkan
50 gram susu bubuk fullcream
1 bungkus/ 11 gram ragi instant
100 gram gula halus
75 gram mentega
½ sdt garam
4 butir kuning telur
100 ml air dingin
CARA
MEMBUAT DONAT KENTANG :
Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk,
dan ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan kentang halus, aduk
sampai rata.
Masukkan
kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.Tambahkan
mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis.Diamkan selama 15 menit.
Bentuk
adonan menjadi bulat atau sesuai selera.Diamkan selama 20 menit, sampai
terlihat mengembang.
Jika ingin berlubang, buat lubang kecil di
tengah lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kuning
keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat
mulai mengembang, masukkan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang
dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.
Angkat
dan tiriskan lalu hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, meises, keju
atau aneka toping lainnya.
Tiramisu
: 50 ml susu segar; 250 gram cokelat masak putih cincang; 2 butir kuning telur;
½ sdt pasta tiramisu; 20 gram coklat bubuk untuk taburan.
Panaskan
susu segar dalam panci lalu masukkan cokelat masak cincang, aduk hingga leleh
dan tercampur rata. Masukkan kuning telur aduk hingga rata, tambahkan pasta
tiramisu.Topping di atas donat, taburi cokelat bubuk.
BAB IV
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
4.1 Umum
•
Nama Perusahaan : Donut Kentang Sehat
•
Pemilik perusahaan ini ada 3 orang yaitu
Rihadi, Muhammad Syahrial dan Muhammad Taufik Adnan
•
Alamat tempat usaha : Jl. Raya Bogor depan kampus FEB UHAMKA
•
Bentuk
badan hukum : Partnership
•
Tahun berdiri : 2013
4.2 Struktur Organisasi dan Job
Description
4.2.1 Struktur Organisasi
4.2.2 Job Description
•
Manajer (Manager)
•
Bertanggung jawab terhadap kegiatan
operasional usaha termasuk terhadap pengelolaan, pengembangan dan pengendalian
operasi usaha.
•
Mengawasi dan mengevaluasi kinerja setiap
tenaga kerja.
•
Memberikan perintah terhadap tenaga kerja
berhubungan dengan tanggung jawabnya.
•
Menjalin hubungan baik dengan pihak luar
(eksternal).
•
Memastikan bahwa seluruh tenaga kerja
mematuhi segala peraturan kerja.
•
Bagian Keuangan (Financial Section)
•
Melayani konsumen dalam hal pembayaran
atas produk yang telah dikonsumsi.
•
Bertanggung jawab terhadap segala yang
berhubungan dengan pencatatan, pemasukan dan penggunaan keuangan perusahaan.
•
Membuat laporan keuangan/ neraca
laba-rugi.
•
Melaporkan keadaan keuangan perusahaan
kepada manager setiap bulannya.
•
Bagian Produksi (Production Section)
•
Mangajukan kebutuhan bahan yang
berhubungan dengan proses produksi.
•
Menyediakan kebutuhan konsumen atas menu
yang telah dipesan.
•
Melaporkan penggunaan bahan kepada
manager perusahaan.
•
Memeriksa persediaan bahan baku .
•
Melayani setiap konsumen yang datang
seperti menanyakan menu yang akan dipesan dan mengantar pesanan ke konsumen.
•
Menyampaikan pesanan dari konsumen ke
bagian dapur.
•
Menjaga kebersihan dan kerapihan meja
yang telah digunakan oleh konsumen.
•
Bagian Pemasaran (Marketing)
•
Mempromosikan produk “Donut Kentang
Sehat”
•
Merumuskan segmentasi, targeting,
positioning produk sesuai dengan strategi yang ditetapkan.
•
Menganalisis kebutuhan pasar.
•
Menjalin hubungan baik dengan konsumen.
•
Membuat laporan pertanggungjawaban.
4.3 Administrasi
4.3.1 Perizinan
Dalam memulai suatu usaha diperlukan
beberapa perizinan.Karena “Donut Kentang Sehat” merupakan bentuk usaha dibidang
perdagangan makanan dan minuman maka diperlukan bentuk perizinan khusus yaitu
Keterangan Departemen Kesehatan mengenai kualitas makanan/minuman yang
disajikan serta izin dari MUI untuk perolehan label halal.
Tabel 4.1 Biaya Perizinan
Keterangan Izin
|
Biaya
|
•
Ijin MUI
|
Rp 150.000
|
•
SITU (
|
Rp 200.000
|
•
SIUP (
|
Rp 150.000
|
•
TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
|
Rp 100.000
|
TOTAL
|
Rp 600.000
|
•
Biaya Pemasaran
Tabel 4.2 Anggaran Pemasaran
Keterangan
|
Biaya Satuan
|
Biaya
|
•
Pembuatan Brosur
|
500 lembar @Rp 700
|
Rp 350.000
|
•
Banner
|
3 meter @Rp 50.000
|
Rp 150.000
|
jumlah
|
Rp 500.000
|
•
Biaya Administrasi
Tabel 4.3 Anggaran Biaya Administrasi
Keterangan
Administrasi
|
Biaya
|
Alat Tulis
|
Rp 150.000
|
Kertas HVS A4 70 gr
|
Rp 150.000
|
Amplop, Faktur,
Kwitansi
|
Rp 50.000
|
Tinta
|
Rp 50.000
|
Total
|
Rp 400.000
|
KEUANGAN
5.1
Biaya Proyek
Biaya
proyek merupakan gambaran dana yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha. kami
membagi pengadaan dana ini menjadi 2
yaitu investasi dan biaya usaha. Investasi merupakan aktiva tetap yang
jumlahnya tidak akan habis dalam waktu satu tahun. Sedangkan biaya usaha
merupakan biaya yang harus dikeluarkan dalam operasional perusahaan. kami
memperhitungkan biaya usaha dalam kurun 2 bulan karena untuk bulan berikutnya
biaya usaha dapat tergantikan oleh hasil penjualan.
5.2.
Aspek Keuangan
Bahan-bahan
untuk membuat donat kentang :
Tepung terigu 1 Kg : Rp. 11.000
Kentang ½ Kg : Rp. 4.000
Fermipan ½ bungkus : Rp. 1.500
Margarin ½ bungkus : Rp. 2.000
Telur
: Rp. 1.000/buah x 5 :
Rp. 5.000
Gula Pasir ½ Kg : Rp. 5.500
Susu Bubuk : Rp. 1.000/set x 2 : Rp, 2.000
Coklat Batangan & Aneka Rasa : Rp.
25.000
Minyak Sayur ½ L : Rp. 6.000
Air Santan 480 ml : Rp. 5.000
Garam ½ sdt :
Rp. 500 +
TOTAL
Rp. 67.500
v Dari 1 kg (terigu plus bahan lainnya) bisa
menjadi 40 buah donat
v Untuk menghasilkan 1.000 pcs donat
memerlukan 25 Kg (terigu plus bahan)/
hari
v Untuk 4 store (1.000 pcs : 4 strore )
menghasilkan 250 donat/hari
v Per bulannya kami memproduksi 1.000 pcs x 30 hari = 30.000 pcs
donat kentang
v Perbulannya membutuhkan 30.000 pcs donat: 40
donat per/kg= 750 kg.
v Total biaya Rp 67.500 x 750 kg = Rp. 50.625.000/bulan
v Pendapatan kotor yang diperoleh dari harga
jual sebesar Rp.3.000/pcs x 30.000 pcs donat = Rp.90.000.000.
Modal
Awal untuk 4 outlet :
- Mesin pembuat donat (4 x
Rp.1.400.000)
Rp. 5.600.000
- Etalase (4 x Rp. 250.000)
Rp. 1.000.000
- Kompor gas & tabung (4 x
Rp.600.000)
Rp. 2.400.000
- Spanduk & selebaran (4 x
Rp.250.000)
Rp. 1.000.000
- Piring, Nenampan , Wajan (4 x
Rp.800.000) Rp. 3.200.000
- Plastik/Kardus (pembungkus donat),
Tisyu Rp. 1.000.000
- Sewa kantin (4 x Rp.500.000)
Rp. 2.000.000
- Biaya Listrik&Air (4 x
Rp.1.000.000)
Rp. 4.000.000
-
Bahan
Rp. 50.625.000
- Gaji
Rp. 12.900.000
TOTAL MODAL AWAL Rp. 83.725.000
Pendapatan bulan pertama :
Modal
(Owner)
Rp.85.000.000
Modal
awal usaha
Rp.83.725.000-
Jumlah
Rp. 1.275.000
Pendapatan
penjualan bulan pertama
Rp.90.000.000+
Jumlah
Rp.91.275.000
Modal (Owner)
Rp.85.000.000-
LABA
Rp. 6.275.000
Modal
sudah balik di bulan pertama dan mendapatkan laba Rp.6.275.000.
Laba
tersebut dengan kesepakatan bersama di masukan ke tamabahan modal (Kas) agar
perusahan terus berkembang.
Biaya
pengeluaran perbulan (bulan ke 2 )
- Isi ulang gas 12 kilo/bulan Rp.75.000
x 4
Rp 300.000
- Plastik/Kardus (pembungkus donat),
Tisyu Rp. 250.000 x 4 Rp. 1.000.000
- Sewa kantin,Listrik&Air
Rp.1.500.000 x 4
Rp. 6.000.000
- Bahan
Rp. 50.625.000
- Gaji
Rp. 12.900.000+
Total
Pengeluaran Per Bulan
Rp. 70.825.000
Pendapatan
bulan ke 2 :
Pendapatan
kotor
Rp. 90.000.000
Biaya
pengeluaran tiap bulan Rp.
70.825.000-
Laba
Rp. 19.175. 000
Dengan
kesepakatan bersama agar perusahan yang kami dirikan terus berkembang, maka
laba yang kami peroleh setiap bulannya di masukan ke dalam tambahan modal (kas)
selama tahun pertama usaha kami.
Ditahun
kedua dengan kesepakatan yang kami buat, laba akan di bagi rata keseluruh
owner.
izin copy ya, sangat bermanfaat, syukron :)
BalasHapusi like this blog so much
BalasHapusSyukurlah Banyak yang suka dengan Laman ini. Terima Kasih Banyak
BalasHapusAdmin..
BalasHapusSaya minta ijin untuk copy ya untuk keperluan saya, terima kasih sebelum dan sesu
Siff thx inpirasinya
BalasHapus