Selasa, 09 Juli 2013

Proposal Usaha Donat Kentang



BAB I
PENDAHULUAN
         Dasar Gagasan Usaha
Cemilan atau makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat ini sangat sering dicari oleh orang-orang untuk dibeli dan dikonsumsi, hal ini dikarenakan cemilan ini sangat mudah didapatkan dan juga sangat praktis sehingga konsumen sering memburu cemilan-cemilan untuk dibeli. Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dan juga makanan ringan ini biasanya bermacam-macam jenis yang diperjualbelikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu jenis makanan tersebut ialah donut, mungkin sudah banyak cemilan-cemilan donut sudah sering dijajakan, dari yang biasa hingga yang sudah sangat terkenal, namun terkadang donut yang diperjualbelikan dipasar sekarang ini hanya donut yang berbahan baku menggunakan tepung terigu.
Dengan pertimbangan masalah diatas maka kami ingin mencoba untuk membuka usaha dibidang donut, namun dengan bahan yang sedikit berbeda, selain tepung terigu dan bahan pokok-pokok lain kami juga menambahkan bahan berupa kentang.Dengan kentang donut kami mempunyai cita rasa yang sedikit berbeda, dan juga donut kami tidak menggunakan bahan pengawet untuk tetap memikirkan kesehatan para konsumen kami.Dengan ini kami merasa ada peluang pasar yang dapat kami buat, karena mempertimbangkan konsumen yang membutuhkan dan menginginkan suatu cemilan donut yang sedikit berbeda dengan yang sudah ada dan juga kami donut kami jauh dari bahan pengawet sehingga sangat baik bagi semua kalangan.
Dari data yang kami dapat, di sekitar daerah Jl. Raya Bogor depan kampus UHAMKA terdapat banyak mahasiswa yang lalulalang dan juga warga yang menggunakan jalan raya yang sangat potensial bagi usaha kami, oleh karena itu merupakan suatau kesempatan bagi kami untuk membuat suatu usaha dan mengembangkan usaha yang baru kami rintis ini, supaya dapat mengubah persepsi donut yang penuh bahan pengawet dan tidak sehat menjadi donut sehat dan kaya rasa tanpa harus menggunakan bahan pengawet.
         Prospek Pasar
Dengan begitu banyaknya usaha makanan ringan yang berbentuk donut karena kita tahu donut dapat menyentuh setiap golongan dari anak-anak hingga dewasa menyukai donut. Selain itu juga didaerah tempat kami buka usaha juga terdapat begitu banyak usaha-usaha yang lain, sehingga sangat-sangat potensial mengundang calon pelanggan lain diluar mahasiswa UHAMKA dan warga sekitar. Melihat kondisi diatas , kami pun tertarik untuk membuat suatu usaha kuliner yang berbentuk cemilan donut kentang dengan berbagai toping atau tambahan berbagai macam rasa, serta didukung dengan tempat yang sangat strategis dan banyak calon-calon pelanggan yang beraktifitas disekitar tempat usaha kami. Dengan demikian, kami yakin prospek pasar usaha kami sangatlah baik.
       Manfaat Ekonomi
Manfaat ekonomi yang didapat dari usaha ini, adalah :
         Keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan.
         Terciptanya lapangan pekerjaan baru.
         Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan banyaknya konsumen yang datang sehingga memotivasi terciptanya lapangan usaha baru.
       Manfaat Sosial
         Mambantu pemerintah dalam mengembangkan kewirausahaan di Indonesia.
         Memudahkan masyarakat dalam memperoleh cemilan donut kentang yang sehat dan  berkualitas.
         Berkurangnya jumlah pengangguran
         Visi, Misi, dan Tujuan
       Isi:
Menjadi wirausahawan yang mandiri dan berkualitas yang dapat bersaing dipasar dan juga dapat mengembangkan usahanya dengan baik di dalam negeri dan memiliki harapan untuk mengembangkan usaha hingga ke mancanegara untuk jangka panjangnya.
       Misi:
         Mengembangkan suatu usaha yang sudah ada dengan mengembangkan dan memperbarui produk tersebut dengan lebih sehat dan berkualitas.
         Membangun dan mengembangkan potensi diri dalam membangun usaha wirausaha mandiri.
         Membuat suatu mekanisme wirausaha yang berkualitas sehingga dapat bersaing dipasar.
       Tujuan
         Memperoleh suatu keuntungan dan pendapatan dari usaha mandiri yang didirikan untuk mensejahterakan pemilik dan tenaga kerja.
         Mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan produk cemilan yang kita tawarkan.
         Memperoleh kepercayaan yang optimal dari konsumen, sehingga dengan adanya kepercayaan yang diberikan diharapkan usaha yang telah dijalankan dapat lebih berkembang.

BAB II
SALES DAN MARKETING
2.1 Gambaran Umum Pasar Sasaran
            Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan.Makanan ringan yang kami tawarkan yaitu berbentuk donut kentang yang berbeda dengan donut yang sudah ada dipasaran.Berbagai macam toping dan isi didalam donut kentang kami menjadi menu utama.Donut kentang sangat berbeda dengan donut-donut yang sudah ada dipasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan juga berasal dari sayuran jadi donut kentang ini sangatlah sehat namun tetap menjaga cita rasa yang berkualitas.Sedangkan untuk pengenalan produk dapat dilakukan secara langsung kepada masyarakat Jakarta yang bertempat sangat strategis dan banyak aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu akan memudahkan para penggemar donut untuk menikmati produk yang kami tawarkan. Dengan mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “Donut Kentang” akan dapat bersaing dengan usaha lain yang serupa.
2.2 Jenis produk yang dipasarkan
            Produk yang kami jual saat ini adalah berupa makanan ringan. Tanpa mengenyampingkan kualitas dan lebih memperhatikan kesehatan dari makanan tersebut, berikut menu-menu yang kami tawarkan :
Menu Special Donut Kentang dengan toping :               
         Donut Kentang dengan Toping Keju                            
         Donut Kentang dengan Toping Coklat
         Donut Kentang dengan Toping Strawberry
         Donut Kentang dengan Toping Coklat Keju
         Donut Kentang dengan Toping Kacang
         Donut Kentang dengan Toping rasa Nanas
Menu Special Donut kentang Dengan Isi didalamnya:
         Donut Kentang Isi Keju
         Donut Kentang Isi Coklat
         Donut Kentang Isi Coklat Keju
         Donut Kentang Isi Selai Kacang
         Donut Kentang Isi Selai Strawberry
         Donut Kentang Isi Selai Nanas
Aneka Minuman :
         Bandrek
         Bajigur
         Wedang jahe
         Aneka Jus
         Minuman Ringan
2.3 Penawaran (competitors)
            Penawaran merupakan jumlah produk sejenis yang ditawarkan pada konsumen oleh pesaing.Penawaran tersebut menunjukan kemampuan pesaing dalam memperoduksi barang selama periode tertentu.
2.3.1 Jumlah produk sejenis dipasaran
            Pada kenyataannya begitu banyak usaha yang bergerak dibidang makanan ringan dengan objeknya yaitu donut, dari usaha yang sederhana hingga yang sudah sangat terkenal pun ada, namun terkadang mereka tidak memperhatikan aspek kesehatan bagi konsumen dengan menggunakan bahan pengawet agar donut yang tidak terjual hari ini dapat dijual lagi dikemudian hari, hal ini sangat beresiko bagi bagi kesehatan konsumen. Berdasarkan hasil survei terdapat pesaing yang juga menawarkan makanan ringan donut yang mereka jajakan dengan langsung menjangkau konsumen, seperti dijajakan dibis-bis AKAP. Sedangkan donut kentang tidak terjun langsung menjangkau konsumen, namun dengan seperti ini konsumen bisa memilih apa yang mereka ingin pesan. Sehingga bisa dikatakan donut yang dijajakan langsung ke konsumen ini menjadi pesaing utama dari donut kentang produk yang kami tawarkan.
2.4 Lokasi Usaha
            Lokasi usaha yang kami pilih adalah Jl. Raya Bogor Jakarta Timur depan Kampus UHAMKA. Berikut faktor-faktor mengapa daerah tersebut yang kami pilih:
         Berada didekat Kampus UHAMKA yang mahasiswanya banyak melakukan aktifitas didaerah tersebut.
         Banyaknya pedagang buah yang melakukan usaha didekat daerah tersebut sehingga banyak juga calon pelanggan dari luar sekitar daerah tersebut.
         Lokasi yang sangat strategis karena dilewati berbagai kendaraan umum karena juga tidak begitu jauh dari terminal Kp. Rambutan.

2.4.1 Wilayah Pemasaran
            Dengan dasar produk yang baru, pemasaran akan dimulai dari wilayah pemasaran terkecil yaitu didaerah-daerah jakarta timur dan sekitarnya yang kemudian akan dikembangkan lebih lanjut seperti memasuki pasar – pasar diluar daerah jakarta timur. Potensi daerah luar sangatlah besar, karena produk donut kentang ini sangatlah jarang. Wilayah yang lebih spesifik untuk pemsaran daerah jakarta timur dan sekitarnya:
       Ciracas
       Kp. Rambutan
       Cililitan
       Depok
       Pondok Gede
2.5 Rencana dan Strategi Pemasaran
2.5.1 Strategi pemasaran pesaing
            a. Product
                   Persaingan produk makanan ringan atau cemilan-cemilan seperti donut terbagi menjadi dua persaingan yaitu persaingan langsung dan tidak langsung.Produk pesaing langsung merupakan jenis produk makanan ringan atau cemilan seperti donut itu sendiri. Namun, makanan ringan atau cemilan donut ini biasanya dijual oleh pedagang yang menjajakan makanannya kedalam-dalam bus kota. Tetapi, ada juga yang menjual produk makanan ringan atau cemilan donut ini ditempat yang mereka miliki.
b. Price
                  Harga yang ditawarkan pesaing relatif lebih murah dan dapat terjangkau oleh semua orang dan semua kalangan.
c. Promosi
                  Pada dasarnya produk cemilan donut yang dijajakan didalam bus-bus kota itu tidak menggunakan promosi besar-besaran karena produk tersebut ditawarkan secara langsung kepada konsumen. Konsumen dapat mengetahui produk tersebut karena banyaknya pedagang yang sering menjajakan produknya tersebut. Promosi dari pesaing tidak langsung dilakukan dengan menggunakan media, kecuali pesaing-pesaing yang sudah memiliki nam
d. Place
                  Sesuai dengan survei yang telah dilakukan diketahui  bahwa, konsumen paling banyak membeli produk cemilan donut dari waring-warung terdekat, gerai yang sudah ada nama, atau pedagang yang menjajakan produknya secara langsung.
e. People
      Para tenaga kerja yang bekerja dan terlibat dalam kegiatan bisnis produk makanan cemilan-cemilan donut ini.
f. Physical Evidance
                  Penjual produk makanan cemilan seperti donut pada umumnya tidak memiliki ciri khas tersendiri dalam melayani konsumen. Agar konsumen lebih merasa nyaman, para pelayan atau penjual produk makanan cemilan seperti donut yang sudah memiliki gerai dan nama biasanya menggunakan seragam dan ciri khas sendiri supaya terlihat lebih sopan dan rapih.
g. Process
                  Proses pembuatan produk pesaing yang dilakukan oleh pesaing rata-rata menggunakan cara yang sama, sehingga rasa yang dihasilkan kurang dapat dibedakan dengan pesaing lain dan tidak memiliki ciri khas dalam produknya.
2.5.2 Rencana Strategi Pemasaran
                        Untuk menentukan strategi pemasaran digunakan analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi bisnis ini. Berikut adalah analisisnya :
         Strength
Kekuatan dari produk yang kita buat terletak pada bahannya yang menggunakan sayuran yaitu kentang dan juga tidak menggunakannya bahan pengawet sehingga produk kita terjamin sehat namun tidak meninggalkan kualitas dari cita rasa produk yang kita buat, karena kita sudah banyak tahu donat-donat sejenis yang diproduksi oleh pesaing rata-rata mereka tidak memikirkan aspek kesehatan pada produknya.
         Weaknesess
Produk kami merupakan produk baru sehingga secara langsung belum mendapatkan perhatian konsumen dan perlu dibuat strategi promosi yang efektif dan efisien.Bisnis ini tergantung dari kemampuan innovatornya sejauh mana dapat mengembangkan usaha yang terhitung baru dan memerlukan keeja keras untuk memperkenalkan produk baru pada konsumen.
         Opportunity
Produk  baru pasti mempunyai kesempatan untuk berkembang dan melakukan ekspansi pasar. Selain itu hampir jarang produsen yang menjual donut dengan memikirkan dari aspek kesehatan, oleh karena itu peluang pasar dari produk yang kita buat cukup besar.
         Threat
Hambatan yang kami temui dalam usaha ini kurang pekanya sebagian konsumen terhadap suatu produk yang memiliki suatu hal yang penting bagi kebutuhan diri konsumen itu sendiri, terkadang sebagian konsumen tersebut lebih mementingkan harga yang murah namu bisa membahayakan kesehatan dari si konsumen tersebut atau malah lebih memilih produk yang mahal agar gengsi meningkat namub kita tidak pernah tahu apakah produk tersebut baik atau tidak.
            Berdasarkan analisis tersebut, maka strategi pemasaran yang kami rencanakan sebagai berikut :
         Product
Dalam bisnis ini kami menawarkan produk dan jasa.Produk utama yang kami tawarkan adalah “Donut Kentang” dengan berbagai varian dan rasa beserta minuman-minuman ringan yang kami sajikan. Lalu, pelayanan atau jasa yang akan kami tawarkan adalah pelayanan yang cepat dan tepat merupakan hal utama.
         Price
Strategi harga yang akan direncanakan adalah penyamaan harga dengan harga pasar, karena produk yang kita produksi sudah lumayan banyak dipasar, hal ini ditentukan agar produk kita dapat bersaing dengan produk yang sudah berada dipasar.
         Promotion
Promosi yang akan dilakukan dengan berbagai yaitu :
         Sampel gratis
Kami akan memberikan beberapa sampel gratis dari donut kentang yang kami produksi agar konsumen dapat mencoba dan tertarik kepada produk donut kentang. Sampel gratis ini kami lakukan pada hari senin dibulan pertama kita, jadi satu minggu ada 1 hari kita berikan sampel gratis
         Voucher gratis
Kami akan memberikan voucher gratis kepada setiap pelanggan kami apabila pelanggan tersebut membeli sebanyak 10 buah, dan 1 voucher ini bisa dapat 1 gelas jus gratis.
         Brosur
Kami akan menyebarkan beberapa brosur tentang produk kami, sehingga konsumen dapat memperoleh informasi tentang produk donut kentang yang akan kita tawarkan.
         Maskot produk
Maksudnya kami menyiapkan berupa maskot dari produk yang berada di depan gerai yang kita miliki sebagai maksud untuk menjadi penarik para pelanggan.
         Place dan Distribution
Distribusi dari produk kami ialah penjualan secara langsung kepada konsumen dengan menyediakan gerai dan menerima pesanan untuk dibawa pulang dengan kemasan yang menarik.
            Lokasi yang kami pilih didaerah Jl. Raya Bogor depan kampus FEB UHAMKA dengan beberapa alasan :
         Berada dekat dengan banyak usaha seperti pedagang buah sehingga paa calon pelanggan juga selalu lalulalang didepan gerai kami.
         Adanya aktifitas mahasiswa yang memungkinkan mahasiswa tersebut menjadi pelanggan produk kita.
         Lokasi yang dekat dengan  terminal bus sehingga banyak sekali aktifitas yang dilakukan para calon pelanggan.
         Physical evidence
Karena pelanggan buat perusahaan adalah raja, kami akan melayanin para pelanggan dengan sangat ramah sehingga pelanggan merasa nyaman pada saat berkunjung di gerai kami.
         Process
         Proses pembuatan produk kami tidak menggunakan mesin, itu dimaksudkan untuk menjaga ke higienisan dari produk kami, dan pada proses pembuatan kebersihan sangat dijaga.
         Penyajian dari produk kami dibuat semenarik mungkin dan juga bisa berubah-ubah sesuai dengan ide atau trend yang ada pada saat itu. Untuk kemasan pada produk yang dibawa pulang juga dibuat secara lucu agar para konsumen tidak merasa bosan dengan produk kami.
         People
Kami selalu memotivasi siapa saja yang bersangkutan dengan usaha kami.Semua itu dilakukan agar mereka lebih giat dalam bekerja dan melakukan yang terbaik bagi dirinya maupun perusahaan.Motivasi yang diberikan berupa moril dan material sehingga mereka dapat melakukan pekerjaannya dengan maksimal.

BAB III
PRODUKSI DAN OPERASI
3.1 Produk
Bisnis yang dijalankan merupakan bisnis baru dimana menciptakan suatu makanan yang unik.Pada umumnya semua orang mengenal Donat namun hanya jenis donat tertentu saja yang dikenal oleh masyarakat. Disini kami ingin menawarkan sebuah hal yang berbeda kepada masyarakat. Karena jika dilihat dari segmen pasar, kebanyakan masyarakat perkotaan menyukai suatu makanan yang “aneh” dan unik.
Produk yang kami tawarkan adalah Donat dengan memiliki ciri khas yang berbeda yaitu:
         Makanan yang disajikan secara praktis dan ekonomis
         Dapat dijadikan snack
         Dapat dikonsumi dimana saja dan kapan saja.
         Memiliki rasa yang unik.
3.2 Operasi
3.2.1 Fixed Assets
Berikut ini adalah aset tetap yang kita miiliki dalam rangka membantu pelaksanaan usaha kami, yaitu:
No.
Peralatan
Jumlah
Satuan
 Nominal
1
Motor
1
buah
 20.000.000
2
Kompor Gas
1
buah
      250.000
3
Lemari
1
buah
      100.000
4
Meja dapur
1
buah
      100.000
5
Mixer
1
buah
      200.000
Total



 20.650.000
3.2.2 Factory Layout
Dari data statistik yang diperoleh, jumlah mahasiswa Uhamka di Ps. rebo sebesar 300 orang,.Dengan melihat daerah yang banyak ini tedapat kost kostan dan dilalui banyak warga karena kondisinya dekat dengan jalan raya.Besar kemungkinnan potensi makanan tradisional menarik konsumen daerah tsb.
3.2.3 Product Layout
Menu utama makanan yang kami sajikan ialah Donat kentang dengan berbagai macam rasa dan isi.Sedangkan untuk menu minuman kami menawarkan minuman hangat dan minuman softdrinks dingin.Minuman hangat yang kami tawarkan diantaranya bandrek, bajigur, dan kopi bandrek.

3.2.4 Process Layout
Sebagai salah satu makanan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, dengan khas empuk dan lembutnya donat menjelma menjadi kue dengan bahan, hiasan (topping) dan rasa yang sangat bervariasi dan kreatif.Berikut kami salin resep donat kentang praktis yang enak dan lembut.
Bahan :
    500 gram tepung terigu protein tinggi
    250 gram kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
    50 gram susu bubuk fullcream
    1 bungkus/ 11 gram ragi instant
    100 gram gula halus
    75 gram mentega
    ½ sdt garam
    4 butir kuning telur
    100 ml air dingin
CARA MEMBUAT DONAT KENTANG :
   Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant, menjadi satu lalu aduk rata. Masukkan kentang halus, aduk sampai rata.
Masukkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis.Diamkan selama 15 menit.
Bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai selera.Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
    Jika ingin berlubang, buat lubang kecil di tengah lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang, masukkan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.
Angkat dan tiriskan lalu hiasi dengan topping gula halus, coklat leleh, meises, keju atau aneka toping lainnya.
Tiramisu : 50 ml susu segar; 250 gram cokelat masak putih cincang; 2 butir kuning telur; ½ sdt pasta tiramisu; 20 gram coklat bubuk untuk taburan.
Panaskan susu segar dalam panci lalu masukkan cokelat masak cincang, aduk hingga leleh dan tercampur rata. Masukkan kuning telur aduk hingga rata, tambahkan pasta tiramisu.Topping di atas donat, taburi cokelat bubuk.

BAB IV
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
4.1 Umum
         Nama Perusahaan         : Donut Kentang Sehat
         Pemilik perusahaan ini ada 3 orang yaitu Rihadi, Muhammad Syahrial dan Muhammad Taufik Adnan
         Alamat tempat usaha     : Jl. Raya Bogor depan kampus FEB UHAMKA
         Bentuk  badan hukum   : Partnership
         Tahun berdiri                : 2013
4.2 Struktur Organisasi dan Job Description
4.2.1 Struktur Organisasi


4.2.2 Job Description
         Manajer (Manager)
         Bertanggung jawab terhadap kegiatan operasional usaha termasuk terhadap pengelolaan, pengembangan dan pengendalian operasi usaha.
         Mengawasi dan mengevaluasi kinerja setiap tenaga kerja.
         Memberikan perintah terhadap tenaga kerja berhubungan dengan tanggung jawabnya.
         Menjalin hubungan baik dengan pihak luar (eksternal).
         Memastikan bahwa seluruh tenaga kerja mematuhi segala peraturan kerja.
         Bagian Keuangan (Financial Section)
         Melayani konsumen dalam hal pembayaran atas produk yang telah dikonsumsi.
         Bertanggung jawab terhadap segala yang berhubungan dengan pencatatan, pemasukan dan penggunaan keuangan perusahaan.
         Membuat laporan keuangan/ neraca laba-rugi.
         Melaporkan keadaan keuangan perusahaan kepada manager setiap bulannya.
         Bagian Produksi (Production Section)
         Mangajukan kebutuhan bahan yang berhubungan dengan proses produksi.
         Menyediakan kebutuhan konsumen atas menu yang telah dipesan.
         Melaporkan penggunaan bahan kepada manager perusahaan.
         Memeriksa persediaan bahan baku.
         Melayani setiap konsumen yang datang seperti menanyakan menu yang akan dipesan dan mengantar pesanan ke konsumen.
         Menyampaikan pesanan dari konsumen ke bagian dapur.
         Menjaga kebersihan dan kerapihan meja yang telah digunakan oleh konsumen.
         Bagian Pemasaran (Marketing)
         Mempromosikan produk “Donut Kentang Sehat”
         Merumuskan segmentasi, targeting, positioning produk sesuai dengan strategi yang ditetapkan.
         Menganalisis kebutuhan pasar.
         Menjalin hubungan baik dengan konsumen.
         Membuat laporan pertanggungjawaban.
4.3 Administrasi         
4.3.1 Perizinan
          Dalam memulai suatu usaha diperlukan beberapa perizinan.Karena “Donut Kentang Sehat” merupakan bentuk usaha dibidang perdagangan makanan dan minuman maka diperlukan bentuk perizinan khusus yaitu Keterangan Departemen Kesehatan mengenai kualitas makanan/minuman yang disajikan serta izin dari MUI untuk perolehan label halal.
Tabel 4.1 Biaya Perizinan
Keterangan Izin
Biaya
    Ijin MUI
Rp 150.000
    SITU (Surat Ijin Tempat Usaha)
Rp 200.000
    SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan)
Rp 150.000
    TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
Rp 100.000
TOTAL
Rp 600.000
                Biaya Pemasaran
Tabel 4.2 Anggaran Pemasaran
Keterangan
Biaya Satuan
Biaya
    Pembuatan Brosur
500 lembar @Rp 700
Rp 350.000
    Banner
3 meter @Rp 50.000
Rp 150.000

jumlah
Rp 500.000

                Biaya Administrasi
Tabel 4.3 Anggaran Biaya Administrasi
Keterangan Administrasi
Biaya
Alat Tulis
Rp 150.000

Kertas HVS A4 70 gr
Rp 150.000
Amplop, Faktur, Kwitansi
Rp 50.000
Tinta
Rp 50.000
Total
Rp 400.000


BAB V
KEUANGAN
5.1 Biaya Proyek
Biaya proyek merupakan gambaran dana yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha. kami membagi pengadaan  dana ini menjadi 2 yaitu investasi dan biaya usaha. Investasi merupakan aktiva tetap yang jumlahnya tidak akan habis dalam waktu satu tahun. Sedangkan biaya usaha merupakan biaya yang harus dikeluarkan dalam operasional perusahaan. kami memperhitungkan biaya usaha dalam kurun 2 bulan karena untuk bulan berikutnya biaya usaha dapat tergantikan oleh hasil penjualan.
5.2. Aspek Keuangan
Bahan-bahan untuk membuat donat kentang :
    Tepung terigu  1 Kg                           : Rp. 11.000
    Kentang ½ Kg                                    : Rp.   4.000
    Fermipan ½ bungkus                         : Rp.   1.500
    Margarin ½ bungkus                           : Rp.   2.000
Telur : Rp. 1.000/buah x 5                  : Rp.   5.000
    Gula Pasir ½ Kg                                 : Rp.   5.500
    Susu Bubuk : Rp. 1.000/set x 2          : Rp,   2.000
    Coklat Batangan & Aneka Rasa         : Rp.  25.000
    Minyak Sayur ½ L                               : Rp.   6.000
    Air Santan 480 ml                               : Rp.   5.000
    Garam ½ sdt                                        : Rp.      500  +
TOTAL                                                           Rp. 67.500
v  Dari 1 kg (terigu plus bahan lainnya) bisa menjadi 40 buah donat
v  Untuk menghasilkan 1.000 pcs donat memerlukan  25 Kg (terigu plus bahan)/ hari
v  Untuk 4 store (1.000 pcs : 4 strore ) menghasilkan 250 donat/hari
v  Per bulannya kami  memproduksi 1.000 pcs x 30 hari = 30.000 pcs donat kentang
v  Perbulannya membutuhkan 30.000 pcs donat: 40 donat per/kg= 750 kg.
v  Total biaya Rp 67.500 x 750 kg  = Rp. 50.625.000/bulan
v  Pendapatan kotor yang diperoleh dari harga jual sebesar Rp.3.000/pcs x 30.000 pcs donat = Rp.90.000.000.
Modal Awal untuk 4 outlet  :
-          Mesin pembuat donat (4 x Rp.1.400.000)                        Rp.  5.600.000
-          Etalase (4 x Rp. 250.000)                                                Rp.  1.000.000
-          Kompor gas & tabung (4 x Rp.600.000)                          Rp.  2.400.000
-          Spanduk & selebaran (4 x Rp.250.000)                           Rp.  1.000.000
-          Piring, Nenampan , Wajan (4 x Rp.800.000)                    Rp.  3.200.000
-          Plastik/Kardus (pembungkus donat), Tisyu                     Rp.  1.000.000
-          Sewa kantin (4 x Rp.500.000)                                          Rp.  2.000.000
-          Biaya Listrik&Air (4 x Rp.1.000.000)                            Rp.  4.000.000
-          Bahan                                                                               Rp. 50.625.000
-          Gaji                                                                                   Rp.  12.900.000
TOTAL MODAL AWAL                                        Rp.  83.725.000

Pendapatan bulan pertama :
Modal (Owner)                                                                       Rp.85.000.000
Modal awal usaha                                                                   Rp.83.725.000-
Jumlah                                                                                   Rp. 1.275.000
Pendapatan penjualan bulan pertama                                      Rp.90.000.000+
Jumlah                                                                                   Rp.91.275.000
Modal (Owner)                                                                       Rp.85.000.000-
LABA                                                                                     Rp.  6.275.000
Modal sudah balik di bulan pertama dan mendapatkan laba Rp.6.275.000.
Laba tersebut dengan kesepakatan bersama di masukan ke tamabahan modal (Kas) agar perusahan terus berkembang.
Biaya pengeluaran perbulan (bulan ke 2 )
-          Isi ulang gas 12 kilo/bulan Rp.75.000 x 4                                    Rp       300.000
-          Plastik/Kardus (pembungkus donat), Tisyu Rp. 250.000 x 4      Rp.    1.000.000
-          Sewa kantin,Listrik&Air Rp.1.500.000 x 4                                Rp.    6.000.000
-          Bahan                                                                                           Rp.  50.625.000
-          Gaji                                                                                            Rp.    12.900.000+
Total Pengeluaran Per Bulan                                                               Rp.  70.825.000

Pendapatan bulan ke 2 :
Pendapatan kotor                                                                   Rp. 90.000.000
Biaya pengeluaran tiap bulan                                                 Rp. 70.825.000-
Laba                                                                                       Rp. 19.175. 000

Dengan kesepakatan bersama agar perusahan yang kami dirikan terus berkembang, maka laba yang kami peroleh setiap bulannya di masukan ke dalam tambahan modal (kas) selama tahun pertama usaha kami.
Ditahun kedua dengan kesepakatan yang kami buat, laba akan di bagi rata keseluruh owner.